Rabu, 02 Januari 2013

Pasar Barang dan Pasar Sumber Daya

A.     Pasar barang (output)

 1.       Pengertian pasar
Pasar adalah suaatu mekanisme yang mempertemukan pembeli dengan penjual sehingga bisa berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga jual.Fungsi pasar antara lain adalah menentukan nilai, mengorganisasikan produksi dan mendistribusikan produk.2.       Struktur pasar
Struktur pasar adalah factor fakor yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan di dalam pasarA.      Pasar persaingan sempurna (perfect market competition)
 1.       Deskripsi dan cirri pasar persaingan sempurana
a.       Penjual dan pembeli sangat banyak
b.       Pruduk homogen (serba sama)
c.       Pasar bebas untuk dimasuki dan di tinggalkan
d.       Konsumen mengetahui kondisi pasar
e.       Faktor faktor produksi bergerak bebas
f.        Tidak ada campur tangan pemerintah
2.       Kebaikan pasar persaingan sempurna
a.       Pada persaingan pasar sempurna tidak tampak kegitan saling menyaingi antar penjual
b.       Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud persaingan pasar
3.       Keburukan pasar persaingan sempurna
a.       Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai
b.       Keuntungan maksimum yang dapat di proleh oleh pedagang sudah dapat sudah di prediksi sejak awal karna harga tidak dapat dipengaruhi
c.        B.      Pasar oligopoli
         Oligopoli adalah salah satu bentuk struktur pasar dimana hanya terdapat beberapa produsen atau sedikit  perusahaan saja yang menjual produk identik. 1. Kebaikan pasar oligopolya. efisiensib. lebih menguntungkan konsumen dari segi harga dan mutu produk2. keburukan pasar oligopoly                a. dibutuhkan infestasi dan modal yang besar                b. Adanya hambatan jangka panjang C.       Pasar monopoli
Pasar monopoli adalah struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual atau penjual yang melayani sedemikian banyak pembeli. 1.       Sumber terjadinya monopoli adalah sebagai berikut
a.       Monopoli sumber daya
b.       Monopoli sumber daya pemerintah
c.       Monopoli  alamiah
2.       Kebaikan pasar monopoli
a.       Efisiensi produksi
b.       Terdorong terjadinya infestasi
c.       Mengurangi persaingan tidak tepat
3.       Keburukan monopoli.
a.       Penyalah gunaan kekuatan
b.       Tingakat produksi yang lebih rendah
c.       Mengurangi kesejahteraan konsumen
d.       Ketidakadilan
   D.      Pasar persaingan monopolistic
Pasar persaingan monopolistic adalah suatu struktur pasar dengan banyak produsen yang menjual produk yang sama tetapi dengan berbagai produksi          1.       Pasar monopolistik mempunyai ciri sebagai berikut
a.       Terdapat banyak penjual
b.       Terdapat diferensiasi produk
c.       Terdapat kebebasan untuk keluar masuk pasar
2.       Kebaikan pasar monopolistic
a.       Mendorong produsen berkompitisi dengan sehat
b.       Mendorong konsumen untuk selektif produk yang di inginkan konsumen
3.       Keburukan pasar persaingan monopolistic
a.       Memiliki persaingan yang sangat tinggi
b.       Dibutuhkan modal yang besar
c.       Mendorong produsen mengadakn inovvasii produk sehingga meningkatkan biaya produksi
4.       Pendapatan perusahaan dalam pasaar persaingan pasar monopolistic
a.       Memaksimalkan laba perusahaan
b.       Muncul perusahaan baru
E.      Pasar monopsoni
Pasar monopsoni adalah bentuk pasar yang dikuasai oleh orang/ badan /lembaga sebagai pembeliF.       Pasar duopsoniPasar duopsoni bentuk pasar yang dikuasai oleh dua orang / perusahaan sebagai pembeli G.      Pasar oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar yang dikuasai oleh beberapa orang perusahaan sebagai pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual B.    Pasar sumber daya (input)
1.       Pasar sumber daya alam / tanah
Pasar sumber daya alam pada hakikatnya terbatas pada permintaan dan penawaran tanah untuk keperluan produksi2.       Pasar sumber daya manusia / tebnaga kerja
Sumber daya manusia  meliputi tenaga fisik, keterampilan, dan daya pikir3.       Pasar sumber daya modal
Didalam dunia usaha, uang yang diperlikan sebagai modal tidak selalu milik pengusaha sendiri  melainkan dapat diproleh dari pihak lain4.       Pasar sumber daya kewirausahaan
Pada hakikatnya laba yang dicapai oleh perusahaan menggambarkan kesukseskan pengusaha. Karena itu, laba perusahaan dapat di angggap laba pengusaha

1 komentar: