Jumat, 30 November 2012

Motivasi Masuk Pers Mahasiswa

note di awal -->

tulisan ini ditulis waktu dikasi tugas dari lembaga pers mahasiswa FISIP (Perspektif) tentang motivasi masuk pers mahasiswa ....

Hahaha ,, jadinya maklumin dah bahasanya agak sedikit berat , dan terkesan diberat-beratin ...

Perspektif : Antara Impian dan Harapan

Salah satu peran besar mahasiswa adalah sebagai social control di masyarakat. Social control adalah peran untuk mengawasi suatu kekuasaan ataupun lingkungan. Mahasiswa sebagai intelektual muda haruslah aktif dalam fungsi pengawasan seperti ini. Karena itu perlu adanya lembaga untuk mengayomi dan memfasilitasi mahasiswa untuk mengawasi kinerja kekuasaan. Pers yang berfungsi sebagai media pengawasan adalah sarana yang tepat untuk memfasilitasi keinginan mahasiswa yang begitu besar untuk menjadi bagian dari peranan mahasiswa sebagai a social control. Selain sebagai media pengawasan, pers merupakan media aspirasi, media informasi, dan media eksistensi tempat bercokolnya wacana-wacana perubahan dan perbaikan untuk kedepannya.

Fisip sebagai fakultas yang bergerak di bidang sosial, tentu haruslah aktif dalam menciptakan mahasiswa yang kritis dan kreatif di bidang jurnalistik. Oleh karena itu, perlu adanya suatu wadah untuk mengembangkan dan meningkatkan minat intelektual muda terhadap dunia jurnalistik dan keorganisasian. Tentu, Persfektif yang merupakan Lembaga Semi Otonom (LSO) mahasiswa memegang peranan penting sebagai media transformasi ide, media aspirasi serta informasi, dan media pemersatu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.


Persfektif bagi saya adalah prioritas kedua setelah kuliah di dunia akademis. Tentu saya mempunyai alasan tersendiri sehingga saya menstatemenkan hal tersebut. Dulunya saya adalah seorang pemimpi, saya mempunyai puluhan bahkan mendekati ratusan impian yang akan saya wujudkan. Sekarang ? i’m still a dreamer. Menjadi seorang wartawan dan kerja di dunia pertelevisian adalah 2 diantara 100 mimpi saya . namun tentu saja, keinginan besar menjadi ketua PSSI untuk mewujudkan harapan besar 220 juta rakyat indonesia yang menginginkan sepakbola kita terbang tinggi layaknya garuda tidak bisa saya bendung. Ini yang membuat saya datang ke FISIP, Fakultas berbasis ilmu sosial yang nantinya akan mendukung saya untuk meraih 100 impian tertulis yang kelak nantinya menjadi deretan coretan tanda kesuksesan menggapai mimpi-mimpi tersebut dan Persfektif adalah batu loncatan saya untuk meraih itu semua, saya percaya. Alasan khusus saya mendaftar persfektif adalah guna untuk mendapatkan pengalaman di bidang jurnalistik, terlebih lagi sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi saya sadar sudah menjadi suatu keharusan bagi saya untuk lebih mendalami dunia yang mungkin nanti akan saya geluti. Namun sifat ketidakpuasan serta ingin lebih baik dan lebih baik lagi dari sebelumnya membuat saya mendaftar di LSO Persfektif ini. Hal ini dikarenakan nantinya di semester 5 saat peminatan saya akan mengambil peminatan Manajemen Komunikasi guna mewujudkan impian terbesar saya menjadi ketua PSSI, oleh karena itu nantinya saya berusaha untuk mengikuti segala kegiatan di Persfektif ini untuk meningkatkan pengalaman di sektor media massa dan bukan tidak mungkin pula menjadi jalan saya untuk meraih apa yang saya inginkan.

Tentu tidak mudah meraih apa yang kita inginkan, perlu adanya pengorbanan dan bangkit dari kegagalan. Pekerjaan di bidang jurnalistik tentu membutuhkan perhatian ekstra lebih, namun itu semua akan menjadi ringan ketika kita mau belajar dan berkumpul bersama teman-teman seperjuangan yang yakin bahwa persfektif ini jalan mereka. Disini saya akan berdedikasi tinggi, saya akan lakukan yang saya bisa. Walaupun saya tidak bisa, saya akan berusaha berusaha berusaha dan belajar sampai bisa. Terimakasih Persfektif, Impian dan Harapan besar seorang anak bergantung padamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar